05
Jan 2016

Posted by: Mikael | Posted in: Travel

Buat traveler yang ingin merayakan dan mengucapkan Tahun Baru Imlek 2016 bersamaan di tempat yang spesial, Pasar Semawis adalah tempat yang tepat. Pasar Semawis adalah daerah pecinan di Semarang, Jawa Tengah. Di kawasan eksotik ini tiap tahun selalu menggelar Imlek, di luar aktivitas sehari-harinya sebagai pusat kuliner yang luar biasa. Jika belum ada rencana di tanggal 8 Februari 2016, maka segera beli tiket bus ke Semarang.

Pasar Semawis dikenal dengan nama lain Waroeng Semawis. Pada dasarnya lokasi ini adalah pasar malam yang memiliki konsep warung tenda. Saat pasar malam berlangsung, lokasi ini tertutup bagi kendaraan. Dan, tidak setiap hari Pasar Semawis buka. Jika ingin merasakan suasana pecinan yang unik, datanglah pada pukul 18.00 sampai 23.00 WIB di hari Jumat sampai Minggu. Namun, khusus Imlek, Pasar ini akan dibuka secara meriah lengkap berbagai atraksi.

Biasanya saat Imlek digelar berbagai tontonan menarik di Pasar Semawis. Panggung dibuka, menyuguhkan kesenian peranakan Tionghoa seperti wayang potehi, gambang Semarang, jipin, twa kok djwee, barongsai, permainan toyo, tambur, wushu, dan banyak lagi. Juga ada pertunjukan lainnya, seperti keseniann khas klenteng-klenteng pecinan lokal.

Gelaran Imlek di Pasar Semawis sendiri sudah berlangsung sejak 2004, yaitu saat dicanangkannya Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasional. Di momen ini pula Pasar Semawis berdiri, yang merupakan gagasan dari perkumpulan Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata. Selain untuk perayaan Imlek, tujuan dibuatnya Pasar Semawis juga sebagai peringatan 600 tahun Pendaratan Cheng Ho di Nusantara.

Di luar pertunjukan yang beragam itu, pastikan juga menikmati hidangan khas Tionghoa dan Nusantara di Pasar Semawis. Menunya memang bikin orang meneteskan liur. Mulai dari es puter, aneka macam bubur, Nasi Gudeg, Nasi Pindang, Sate Sapi, Nasi Goreng Babat, Babat Gongso, hingga menu unik macam Nasi Pela, Bakmi Jawa. Juga ada menu non-halal seperti yang terkenal di sana, sate babi Singapore.  Jika Anda tidak bisa menyantap makan non-halal, pastikan bertanya dulu ke penjual apakah hidangan yang dijual halal atau tidak.

Di luar makanan, di Pasar Semawis juga terdapat pedagang lain yang memeriahkan pasar malam ini. Bagi yang suka perhiasan dari giok, di sini termasuk gudangnya. Kabarnya barang-barang itu diimpor langsung dari Tiongkok. Kios unik lainnya adalah kios karaoke, di mana pengunjung bisa bernyanyi di situ. Umumnya orang bernyanyi lagu-lagu dari Tiongkok, tetapi pada dasarnya lagu apapun terdapat di sana. Selain itu di sini juga terdapat penjual baju, mainan, dan banyak lagi.

Untuk pengalaman mencari tiket bis ke Semarang yang lebih aman dan nyaman, coba gunakan mesin pencari kami dengan memasukkan kota tujuan, keberangkatan, dan tanggal perjalanan.

Pahami dengan bijak cara pemesanan tiket bis di Bosbis.com guna kelancaran dalam pembelian tiket bis. Kelancaran membeli akan juga meningkatkan keamanan saat di perjalanan.