11
Mei 2018

Posted by: Social Media | Posted in: Bosbispedia

Bus memang adalah benda mati tetapi jangan kaget jika bus juga dapat bicara tak lain menggunakan bahasa isyarat,driver bus biasanya mempunyai ”bahasa”  khusus dengan isyarat sen/klakson/lampu.

Terlebih dahulu kita bahas untuk isyarat lampu,

Lampu sein kiri dinyalakan (pengecualian untuk belok kiri)

  • Bila di posisi depan bus ada overtaking kendaraan maka bus memberi tahu kendaraan depan bahwa posisinya sudah berada pada sisi tepi paling kiri(tidak mempersilahkan masuk untuk kendaraan di depannya,maka dari itu kendaraan yang berada di depan akan segera mengambil lajur yang sebenarnya dalam artian jika tidak diberi isyarat dengan sein kiri biasanya bila disalip/dipepet memaksa masuk akan menyebabkan crash dengan kendaraan di depannya.
  • selalu memberikan sinyal untuk kendaraan di belakangnya agar posisinya tidak lebih dari sisi paling kanan karena biasanya driver selalu condong kekanan untuk mempunyai ruang pandang yang cukup pada waktu  melakukan overtaking.

Mungkin yang penting dan paling sering membuat fatal hanya itu di bagian lampu sein yang terkadang terjadi mis komunikasi antar pengguna jalan lain yang membaca pemberian isyarat dari bus terbalik,kurangnya sosialisasi isyarat driver menjadi penyebab celaka terutama situasi di malam hari kita wajib mengapresiasi kepada driver yang selalu rajin memberikan tanda untuk kendaran lain di depan maupun di belakangnya berarti seorang driver mengedepannya kepedulian terhadap pengguna jalan lain. Bus malam yang sering memberikan isyarat lampu kepada pengguna lain karena pada malam hari minimnya jarak pandang lampu menjadi bahasa isyrat yang paling efektif,bus malam mempunyai sopan santun sendiri  ialah dilarang menyalip dengan lampu dim/lampu besar. Dalam dunia driver bus malam jika mengejar teman yang di depan para driver tidaklah mengambil tindakan menyalip tetapi didorong menggunakan lampu dim dari belakang ”misalnya jika di depan ada truk kontainer sudah pasti jarak pandang terbatas driver bus malam tidak asal masuk tetapi bagian depan sedikit nongol kasih tau dulu,saat truk di depan menerima isyarat driver busmalam dengan mengambil jalur kiri maka bus akan menyalip dari kanan dengan di iringi 2 kali dim pendek 1kali klakson pendek untuk memberi isyarat lajur kanan dari lawan arah jika bus mau menyalip masuk jalur kanan.

Menggunakan lampu sein,ada macam2 maksutnya :
1.Jika papasan dan kita menghidupkan sein kanan itu,bisa

a/kita kasih tahu ke mobil yang papsang bahwa batas kanan kita seberapa,biasanya      digunakan pada jalur berbelok dan sempit.

b/memberitahu kendaraan di depan bahwa kita tidak mau di blong.

c/memberitahu kendaraan di belakang agar jangan menyalip karena di depan ada kendaraan  yang berpapasan.

2.Jika berpapasan dengan kendaraan di depan,kita menghidupakn sein kiri itu,bisa:

a/memberitahu kendaraan yang berpapasan di depan bahwa kita sudah berada tetap di jalur kita.

b/mempersilahkan mobil di depan ngeblong.

c/memberi isyarat di belakang kita bahwa di depan kita kosong silahkan untuk menyalip.

Bahasa sebuah isyarat mengemudi tergantung dengan kondisi dan pemahaman pengemudi,memang ada kode etik tertentu yang berlaku resmi,yang tentu berhubungan dengan toleransi berkendara.

Sedikit yang harus kita ketahui dari bus malam yaitu :

Mitos jika bus malam dikatakan ugal-ugalan dan tidak tahu aturan.

Faktanya bus malam jika ingin belok,menyalip,pindah jalur pasti selalu memberikan isyarat sein kemana arah bus akan pergi,selalu perhatikan jika anda sedang naik bus malam jika bus anda menguntit bus lain maka bus di depan anda akan selalu memberikan tanda isyarat bahkan membimbing bus anda kalau di depan ingin menyalip boleh atau tidak.