29
Des 2015

Tahun baru tidak sempat jauh-jauh ke luar negeri? Tidak harus kok, Tahun Baru bisa dirayakan juga di tempat yang dekat. Wisata domestik sekarang sudah tidak kalah dengan yang di luar negeri. Apalagi dengan adanya Bosbis, berkenalan naik bis jadi lebih gampang lagi. Berikut ini rekomendasi tempat-tempat oke untuk pergantian tahun di setiap daerahnya.

1. Tahun Baru bersama Gubernur DKI di Ancol

Di setiap pergantian tahun, Pemda DKI selalu menyediakan acara yang meriah. Kembang api pasti memeriahkan ibukota di hampir setiap sudut kota. Bagi yang tinggal di Jakarta. Tahun baru memang bisa dirayakan cukup bakar sate di rumah. Namun, jika itu terlalu datar, masih banyak titik keramaian lain yang cukup seru untuk disinggahi. Jakarta memang punya atraksi Tahun Baru tersendiri. Bagi yang tinggal tidak terlalu jauh pun bisa pesan tiket bus ke Jakarta untuk bisa menikmati kemeriahan ini.

Jika biasanya Gubernur DKI menemani warga Jakarta di Bundaran HI, tahun ini dia ikut tiup terompet di Ancol. Tahun ini Basuki Tjahaja Purnama akan hadir di malam pergantian ke tahun 2016 di kawasan pantai tersebut. Setelah sekian lama, akhirnya sekarang Gubernur DKI merayakan di Ancol. Di tahun ini juga rangkaian acara di sepanjang MH Thamrin sampai Merdeka Barat dihilangkan.

Untuk pentas tahun ini, pergantian tahun akan dimeriahkan oleh artis papan atas seperti Noah, Geisha, Five Minutes, Setia Band, Zaskia Gotik, dan banyak lagi. Jika berniat tahun baru di Jakarta, pastikan memperhatikan bawaannya. Tahun baru di Jakarta itu selalu ramai dan sesak, maka membawa terlalu banyak barang akan bikin repot sendiri.

2. Menikmati Kembang Api di Danau Toba

Jika Anda tinggal tidak jauh dari Sumatera Utara, ada satu pilihan wisata yang seru yaitu di Danau Toba. Di kawasan ini tahun baru juga dirayakan dengan meriah. Namun, tentu mubazir jika ke Danau Toba hanya mau melihat kembang api saja. Di Pulau Samosir sendiri pemandangannya cukup indah untuk dinikmati.

Maka, segeralah memesan tiket bus ke Medan lalu lanjut ke  Danau Toba. Selain pemandangan alam, rumah adat di kawasan Danau Toba juga cukup bikin berkesan. Belum lagi di sini juga bisa melihat aktivitas penduduk lokal. Biasanya juga saat perayaan tahun baru, Pemkab Samosir menyiapkan berbagai agenda untuk memeriahkan acara tutup tahun.

Saat berada di kawasan Danau Toba, cari titik yang paling nyaman saat acara tahun baru. Di momen ini biasanya pelancong yang menikmati malam tutup tahun tidak hanya dari Indonesia melainkan dari manca negara. Jadi, jika ingin menjalin persahabatan dengan warga asing, ini juga menjadi saat yang tepat.

3. Ramai-ramai semarakkan Tahun Baru di Taman Alun-alun Kapuas

Untuk yang berada di Pulau Kalimantan, salah satu kota yang cukup meriah dalam merayakan Tahun Baru adalah di kota Pontianak. Pemkot setempat memang secara khusus menyiapkan acara meriah di beberapa titik. Dua tempat yang jadi rekomendasi untuk merayakan Tahun Baru adalah di Taman Alun-alun, Kapuas dan di Taman Digulis Untan. 

Di tahun ini, Pemkot Pontianak mengundang beberapa artis untuk memeriahkan acara. Di Taman Alun-alun Kapuas, Hendri Lamiri menjadi bintang utama. Sedangkan di Taman Digulis Untan, seniman lokal akan memeriahkan acara. Selain itu, pesta kembang api yang meriah diharapkan bisa membuat pergantian tahun menjadi makin seru lagi.

Jika Anda berada di Kalimantan atau dekat dengan Pontianak, tidak ada salahnya berkunjung ke situ. Taman Alun-alun Kapuas sendiri merupakan obyek wisata yang menarik. Tempatnya ditata dengan baik dengan pemandangan Sungai Kapuas yang mengesankan. Cukup dengan mencari tiket bus ke Pontianak, maka wisata tahun baru ke kota tersebut bisa terwujud.

4. Menikmati keindahan Pantai Seminyak jelang tutup tahun

Bicara wisata tutup tahun tentu tidak bisa melupakan Bali. Jika memang mencari tempat yang syahdu sekaligus menyenangkan, Bali memang tiada duanya. Salah satu titik perayaan Tahun Baru yang paling terkenal di Indonesia adalah di Pantai Seminyak. Pantai ini memang sudah diakui sebagai lokasi wisata Tahun Baru paling disukai se Asia Pasifik. Pantai ini memang menarik dikunjungi dan memiliki panorama yang begitu indah. Wajar kalau banyak yang ke sana.

Sebagai tempat wisata, Pantai Seminyak juga menyediakan begitu banyak fasilitas bagi pelancong. Hotel-hotel dengan berbagai jenis tarif bertebaran. Mau yang murah sampai yang mewah ada. Menuju ke Bali pun sekarang tidak lagi perlu repot. Jika tiket pesawat sudah sulit dicari, maka tiket bus ke Denpasar bisa menjadi pilihan yang pas. Selain murah, juga tentunya ketersediaannya lebih terjamin.

Bali merupakan destinasi wisata yang amat ramai. Perhatikan bujet saat mengunjungi Bali, karena tanpa sadar bisa saja uang habis karena tidak dibelanjakan dengan seksama.