27
Feb 2018

Posted by: Social Media | Posted in: Bosbispedia

Kalau Tank Militer mungkin sudah biasa dengan status amfibi, bus yang satu ini tidak kalah dengan tank militer yang juga berstatus amfibi yaitu hidup di dua alam yaitu darat dan air,tepatnya di negara Jerman di kota Hamburg mempunyai salah satu transportasi umum unik yang mempunyai kemampuan serupa dengan tank amfibi.

Bus Amfibi ini mulai beroprasi pertama pada tahun 2016 tapi jumlahnya masih terbatas alias belum banyak dibuat karena bus amfibi masih termasuk dalam tahap penyesuaian karena perawatannya juga memerlukan perawatan ekstra daripada bus lain.

Bus amfibi yang pernah viral di dunia maya ini menggunakan chasis buatan kendaraan komersial MAN Truck,yang mempunyai spesifikasi panjang 12,07 meter, lebar 2,54 meter, dan tinggi 3,75 meter. Di perkirakan untuk merakit satu unit bus amfibi ini kurang lebih dibutuhkan biaya sampai jutaan euro atau sekitar 15 miliar.

Bus yang mempunyai kemampuan mengapung di atas air karena bagian bawah bus di rancang menyerupai kapal laut, dapat menahan gelombang ombak hingga ketinggian 3 meter dan melawan kecepatan angin 40 Mph serta memiliki daya sekitar 330 Hp dengan transmisi otomatis.

Untuk fasilitasnya pun tidak kalah menarik dengan dilengkapi TV LCD, Toilet, DVD , AC, dan kursi yang nyaman lengkap dengan sandaran kaki. Selain canggih bus ini juga menyeimbangkan interiornya yang memanjakan penumpang seperti bus prevost yang dikenal dengan bus termahal di dunia.

Mungkin kalau bus ini hadir atau bisa dibuat di indonesia selain sangat menarik untuk sektor pariwisata selain itu juga bisa untuk inovasi sebagai akomodasi di daerah yang rawan banjir.