04
Ags 2017

Posted by: Yoga | Posted in: Bosbispedia

Sobat Bosbiser pernah membayangkan gimana rasanya naik bus berhari-hari? Yuk kita ulas salah satu trayek bus terjauh yang ada di Indonesia!

 

1. PO Antar Lintas Sumatera

Ilustrasi (dok youtube.com/IndoBusSpotters)

Bus dengan ciri khas warna hijau ini sudah ada sejak tahun 1966 untuk melayani rute disekitar Pulau Sumatera dan 4 tahun kemudian mulai melayani penjualan dari dan menuju Pulau Jawa walaupun kapal Feri(roro) belum ada pada saat itu. Untuk rute terjauh dari ALS sendiri yaitu Surabaya – Medan yang masih aktif sampai saat ini. Terkadang jika penumpang sedang ramai, bus akan terus sampai Aceh untuk di Pulau Sumatera dan Jember untuk di Pulau Jawa. Sangat keren bukan? Menyusuri jalan darat dari ujung pulau Sumatera sampai ujung pulau jawa. Jarak yang ditempuh kurang lebih sejauh hampir 3.000 kilometer jika dilihat berdasarkan GoogleMaps, bukan Odometer yang biasanya lebih akurat. Untuk durasi perjalanannya sendiri menghabiskan waktu kurang lebih selama 5 hari.

 

2. PO Safari Dharma Raya

Ilustrasi (dok bus-photo.net)

Gajah Temanggung merupakan julukan dari bus yang memiliki pool di Kebayoran, Jakarta Selatan ini. Dengan ciri khas 3 huruf ukuran kecil berwarna merah dan background kuning bertuliskan OBL dibagian depan, memang sudah cukup lama berkiprah dalam dunia perbus-an. Tidak kurang selama 50an tahun melayani masyarakat dalam dunia transportasi darat. Dan jika kita bahas mengenai trayek terjauhnya, PO ini melayani rute Jakarta – Bima NTB, memang jika diukur berdasarkan jaraknya tidak lebih dari 2.000 kilometer, namun kendaran kotak sabun melalui penyebrangan laut sebanyak 3 kali dalam sekali perjalanan. Total durasi perjalanannya memakan waktu sekitar 3 hari.

 

Tertarik mencobanya sobat? Bisa lho pesan di Bosbis. Untuk ALS bisa dibooking dengan rute Surabaya – Medan dan untuk Safari Dharma Raya bisa revervasi dengan rute Jakarta Timur – Bima.