26
Feb 2018

Posted by: Social Media | Posted in: Bosbispedia

Hallo Sobat Bosbis ..

Sudah pernah mendengar istilah atau bahkan tahu apa itu Blind Spot??

Mungkin jika hanya mendengar sudah sering mendengar tetapi belum mengetahui arti sebenarnya, padahal Blind Spot bisa dikatakakan pengetahuan bekal berkendara yang banyak di sepelekan tapi sangat penting untuk keselamatan di jalan, tidak sedikit kecelakaan di jalan raya di sebabkan akan faktor blind spot ini. Faktanya lebih dari 200 orang setiap tahunnya meninggal dunia akibat no-zone dalam kecelakaan di jalan raya,dan di Indonesia 60% para pengemudi yang terlibat kecelakaan mengaku tidak melihat kendaraan lain.

Blind Spot adalah daerah buta atau daerah yang tidak terjangkau oleh penglihatan kita pada saat kondisi sedang menyetir sebuah kendaraan.

Mungkin kalian hanya mengetahui blind spot hanya area yang berada disekitar kaca spion,padahal tidak hanya itu bahkan blind spot juga dapat terjadi tidak hanya di daerah spion belakang kita namun juga bisa saja terjadi di bagian depan kita.

Blind spot tidak hanya disebabkakan dari kendaraan saja,lingkungan di sekitar juga bisa menjadi penghalang area blind spot contohnya persimpangan, tikungan,area bukit,bangunan,debu dll.

Untuk mengurangi resiko yang timbul akibat area blind spot adalah dengan cara selalu mengurangi kecepatan selalu jaga jarak sediakan ruang bila jarak pandangan terhalang dan jangan tergesa-gesa bila ingin mendahului kendaraan lain jika keadaan badan sudah merasa capek atau cuaca tidak mendukung seperti berkabut/hujan lebat yang mengurangi jarak pandang kita sejenak berhenti dan istirahatlah dahulu sampai situasi terkendali kembali,selalu jadikan kendaraan di depan sebagai indicator anda dan jangan lupa selalu berkomunikasi dengan pengendara lain dengan cara membunyikan klakson pendek atau dim untuk memberikan sinyal keberadaan kita terhadap kendaraan lain.

Tetap berhati-hati tertib berlalu lintas di jalan raya sedikit kesalahan akan sangat besar dampaknya ke diri kita sendiri ,keselamatan adalah yang utama karena keluarga sedang menanti anda dirumah.